Ini Saran Shevchenko untuk Bacca

Ini Saran Shevchenko untuk Bacca

Carlos Bacca bisa jadi figur penting buat AC Milan, meski saat ini masih harus memoles diri. Begitu pendapat mantan bomber Milan Andriy Shevchenko. Ia pun memberikan sejumlah saran.

Bacca bergabung ke Milan pada musim panas tahun lalu dari Sevilla. Di musim pertamanya ia mampu membuat 20 gol dari 43 penampilan di seluruh ajang, walaupun performanya juga tak lepas dari kritik.

Akibat kritikan itu pula penyerang 29 tahun tersebut sempat dispekulasikan bakal dilepas Milan musim panas ini. Tetapi rumor itu langsung luntur menyusul tiga golnya di giornata pertama Serie A (3-2 atas Torino).

“Punya seorang penyerang yang bisa menentukan pertandingan akan jadi keuntungan buat sebuah klub. Setelah beberapa musim tak oke, masih ada banyak hal yang perlu dibangun dan adanya seseorang yang bisa bikin gol dengan mudah di skuat bisa jadi hal penting buat seorang pelatih,” ucap Shevchenko kepada La Gazzetta dello Sport yang dikutip Football Italia.

“Tetapi Bacca harus berbuat lebih banyak lagi, lebih baik dalam membaca situasi kolektif, memoles kerjasama timnya. Cuma dengan begitu ia dapat meningkatkan lagi kualitasnya. Apa pun, ia seorang penyerang yang sangat saya sukai dan saya juga mengapresiasinya musim lalu. Ia bagus dalam menyerang ruang, kuat di kotak penalti, dan punya naluri bikin gol. Ia kuat dan cepat,” sebutnya.

Pencetak 175 gol dalam 322 penampilan bersama AC Milan tersebut menduga Bacca bisa terbebani jika harus memikul seluruh tanggung jawab lini serang Milan, walaupun Shevchenko juga menggarisbawahi bahwa penyerang asal Kolombia itu juga bukan pemain yang “hijau”.

“Entahlah, mungkin saat ini tekanan dalam mengenakan seragam Milan tak lagi seberat seperti masa lalu. Padahal dulu seperti itu, saat Anda bergabung dengan sebuah tim berisikan pemain juara yang memburu banyak gelar sehingga Anda dapat merasa sedikit terintimidasi,” kata Shevchenko.

“Sekarang tak lagi begitu, walaupun membangun dan memulai ulang adalah urusan yang berat, untuk penyerang pun sama seperti pemain lain. Bacca datang dari Spanyol tahun lalu dan ia sudah menjadi seorang pemain yang matang,” lanjut peraih Scudetto dan titel Liga Champions bersama Rossoneri itu.

Shevchenko kemudian diminta membandingkan Bacca dengan pemain depan lainnya. “Ia harus menang lebih dulu sebelum dibandingkan dengan siapa-siapa. Ini masih dini dan perbandingan seperti itu selalu sedikit menyebalkan.”

“Bacca masih kurang dalam hal kontinuitas. Kualitasnya bagus dan ia memulai musim ini dengan baik bersama pelatih baru, tapi kontinuitas diperlukan kalau Anda ingin oke dalam sepakbola, ditambah dengan kemampuan membantu tim,” beber pelatih timnas Ukraina itu.

You may also like...