Brasil Hantam Ekuador 3-0

Brasil Hantam Ekuador 3-0

Brasil meraih tiga poin dalam kualifikasi Piala Dunia 2018. Bertanding melawan Ekuador, Jumat (2/9/2016), ‘Tim Samba’ menang telak tiga gol tanpa balas.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Olimpico Atahualpa, Quito, tersebut, ketiga gol kemenangan Brasil dicetak oleh Neymar dan Gabriel Jesus (dua gol). Hasil ini membuat Brasil kini duduk di posisi keempat klasemen dengan koleksi nilai 12.

Sementara itu, bagi Ekuador, ini adalah kekalahan kedua mereka selama babak kualifikasi zona CONMEBOL. Ekuador kini berada di posisi ketiga klasemen dengan koleksi nilai 12. Posisi Ekuador dan Brasil masih mungkin turun, andai Argentina –yang baru bermain pagi ini– menang atas Uruguay.

Brasil tampil relatif dominan atas Ekuador. Mereka mampu mengonversikan dominasi penguasaan bola (61:39) menjadi ancaman. Tercatat, Brasil menorehkan 16 attempts dengan 5 di antaranya tepat sasaran. Sementara, Ekuador memiliki 6 attempts (2 on target).

Kendati mendominasi pertandingan, Brasil harus menunggu hingga babak kedua untuk bisa mencetak gol. Di babak pertama, berbagai peluang yang mereka miliki gagal membuahkan hasil.

Misalnya, tendangan Willian di menit kelima masih melambung di atas mistar gawang Ekuador. Demikian juga dengan usaha Gabriel Jesus untuk mencetak gol dengan cara melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Tendangannya dihentikan oleh kiper Ekuador, Alexander Dominguez.

Ekuador sendiri sempat mendapatkan peluang pada menit ke-21, ketika winger lincah mereka, Jefferson Montero, sukses melakukan tusukan dan melepaskan tendangan kaki kanan dari sisi kiri. Sial baginya, tendangannya juga melambung.

Menjelang babak pertama berakhir, Ekuador kembali mendapatkan kans, kali ini lewat Enner Valencia. Namun, tendangannya juga belum menemui sasaran.

Di babak kedua, tepatnya pada menit ke-47, Neymar mengawali serentetan peluang yang didapatkan Brasil tendangan tendangan dari luar boks. Tetapi, lagi-lagi belum mengarah tepat sasaran. Tendangannya melambung.

Usaha serupa juga dilakukan oleh Gabriel Jesus dan hasilnya masih sama saja. Ketika Brasil tampak bakal mengakhiri pertandingan tanpa mencetak satu gol pun, Neymar memecah kebuntuan.

Pada menit ke-72, Brasil mendapatkan penalti setelah Alexander Domínguez melakukan pelanggaran terhadap Gabriel Jesus. Neymar yang jadi eksekuto penaltinya sukses menjalankan tugas dengan baik.

Empat menit setelah gol itu, Ekuador harus bermain dengan 10 orang setelah Juan Carlos Paredes melakukan pelanggaran terhadap Renato Augusto. Paredes diusir via kartu kuning kedua.

Bermain dengan 10 orang tidak membuat Ekuador kehilangan perlawanan. Mereka masih sempat mendapatkan beberapa peluang, meski tidak ada yang bisa membobol gawang Brasil.

Sebaliknya, menjelang pertandingan berakhir, gawang Ekuador bobol dua kali. Gabriel Jesus membuat Brasil unggul dan menang 3-0 lewat gol-golnya di menit ke-87 dan 90.

Gol pertama Gabriel Jesus lahir setelah menerima umpan dari Marcelo via tendangan jarak dekat. Sementara, gol keduanya hadir berkat assist dari Neymar. Brasil pun pulang dengan poin penuh.

Susunan Pemain

Ekuador : Dominguez, Achilier, Meza, Paredes, Gruezo (Gaibor 82), Ayovi, Noboa, Bolanos, Montero (Arroyo 73), Caicedo (Ibarra 67), Valencia.

Brasil : Becker, Miranda, Marquinhos, Dani Alves, Marcelo, Casemiro, Paulinho, Renato, Willian (Coutinho 61), Gabriel Jesus, Neymar.

You may also like...