Ambisi Liverpool di Piala Liga Inggris

Ambisi Liverpool di Piala Liga Inggris

Manajer Liverpool Juergen Klopp menegaskan keseriusan timnya di ajang Piala Liga Inggris, secara khusus ketika menghadapi Burton Albion.

The Reds akan bertamu ke Pirelli Stadium markas klub divisi dua tersebut pada babak kedua Piala Liga Inggris, Rabu (24/8/2016) dinihari WIB. Ini partai pertama Liverpool di ajang itu dan yang kedua buat Burton setelah sebelumnya harus tampil di babak awal.

Tahun lalu Liverpool sampai ke final lalu kalah adu penalti dari Manchester City. Dengan ‘Si Merah’ musim ini absen di pentas Eropa, Klopp pun ditanyakan apakah hal itu membuat ajang piala domestik jadi lebih menarik.

“Apa tahun lalu Anda mendapat kesan kami tak ingin menjuarai Piala Liga? Bagaimana kami bisa lebih ambisius lagi dari 100%?” kata Klopp diLiverpoolFC.com.

“Kami tak bisa menggantikan sepakbola Eropa, kami ingin bisa sesukses mungkin. Dan ketika kami mengatakan ingin berjuang meraih segalanya maka tentu saja itu termasuk Piala Liga. Tahun lalu kami masuk final, ini bagus. Hasilnya memang tak terlalu bagus tapi untuk seluruh suporter itu pertandingan yang bagus sampai peluit akhir setelah adu penalti.

“Kami para profesional dan ada kesempatan berikutnya untuk mengejar hasil, walaupun bukan untuk papan klasemen. Ajang Piala ini penting, bukan karena kami tidak tampil di Eropa. Kami mesti meraih apa yang memungkinkan. Kalau kami lolos ke babak selanjutnya, kami takkan berhenti. Kami tak pernah memandang remeh satu turnamen pun dan sudah pasti akan lanjut seperti itu,” tuturnya.

Klopp juga menyatakan tak bakal memandang sebelah mata Burton, yang berhasil meraih promosi dua musim berturut-turut di bawah arahan Nigel Clough–yang mantan penyerang Liverpool.

“Ada partai-partai yang lebih mudah tapi saya tak tahu persis siapa yang menghadapi siapa, tapi Burton cukup ambisius dan buat mereka ini merupakan sebuah partai besar,” ucap Klopp.

“Di fase sebelumnya mereka membuat sembilan perubahan, saya tak tahu apa mereka akan melakukannya lagi tapi saya pikir tidak akan begitu. Kami akan mempersiapkan diri sebaik mungkin dan kemudian kami berniat menang,” lanjutnya.

Pun demikian, Klopp juga mengakui ada nuansa “serba salah” dari Liverpool dalam menghadapi partai semacam ini: menang takkan dipuja-puji dan sebaliknya bakal dicaci jika kalah.

“Akan jadi masalah kalau kami tersingkir, kalau kami lolos akan jadi hal yang wajar-wajar saja. Begitulah situasi kami saat ini karena yang jadi lawan ‘cuma Burton’, tapi saya amat optimistis kami akan menemukan komposisi tim bagus dan tampil oke. Selalu ada tekanan semacam ini buat kami, itu bukan hal baru, tapi ini masih amat dini dalam perjalanan musim. Saya ingin menang. Semuanya oke, ayo mulai,” ujar Klopp.

You may also like...