11 Klub dan 1 Negara yang Menolak Mario Balotelli Musim Panas ini

11 Klub dan 1 Negara yang Menolak Mario Balotelli Musim Panas ini

Menjadi pemain yang eksentrik punya risiko tersendiri. Tapi menjadi pemain eksentrik, kontroversial, dan cenderung ugal-ugalan akan membuat Anda ditolak bermain di banyak tempat. Mario Balotelli telah merasakannya pada musim panas ini.

Untuk kali ini, jumlah klub-klub sepak bola yang ingin mendekatinya bisa dikatakan hampir tidak ada. Sementara jendela transfer belum tutup, tercatat sudah 11 klub dan seluruh klub dari satu negara ogah berurusan dengan karakter Balotelli.

Sepertinya jika Balo ingin melakukan, katakanlah, penebusan, hanya ada satu cara yang bisa ia lakukan. Balotelli harus menyadari telah melakukan kesalahan dan berusaha memperbaikinya. Jika tidak, ia akan selalu dicap sebagai pembawa masalah.

Masalahnya, apakah tempat untuk penebusan itu ada?

12. Liverpool
Balotelli-Liverpool

Salah satu alasan masa depan Mario Balotelli menjadi kelabu dan menjadi perdebatan adalah lantaran Liverpool sendiri tidak menginginkannya. Perhitungan spekulatif yang dilakukan Brendan Rodgers tidak pernah terbayar dengan performa yang cukup bagus.

Balotelli bahkan tidak ikut latihan pra musim bersama tim senior Liverpool, tapi Jurgen Klopp telah mengatakan pihak klub akan membantu Balo tetap bugar hanya untuk mendapatkan klub baru. Penyerang asal Italia ini secara jelas tidak masuk dalam rencana tim.

“Dia tidak dalam kondisi yang tepat untuk bersaing dengan empat atau lima pemain untuk satu posisi,” kata Klopp bulan lalu. Balotelli kini menempati prioritas kelima sebagai striker The Reds jika ia bertahan.

11. AC Milan
Balotelli-AC Milan

Setelah Liverpool tidak menginginkannya, situasi untuk Balotelli makin memburuk setelah AC Milan secara resmi menolak merekrut secara permanen sewaktu masa peminjamannya berakhir.

Pada kesempatan pertama, Balo relatif sukses dalam 18 bulan pertama. Ia sempat membuat 26 gol di Serie A dari 43 penampilan. Tapi dalam kesempatan kedua, cedera membuat Balotelli hanya tampil 20 kali sepanjang musim 2015/16. Hanya satu gol yang dicetaknya kali itu.

10. Inter Milan
Balotelli-Inter Milan

Balotelli tidak akan kembali ke AC Milan. Ia juga tak akan pergi ke rival sekotanya, Inter Milan. Klub tempat Balo dibesarkan itu kini di bawah manajemen baru dari Tiongkok dan mereka tidak terlihat tertarik memulangkan mantan pemainnya tersebut.

I Nerazzurri di bawah asuhan Roberto Mancini masih terdengar ingin berspekulasi untuk mendatangkan Super Mario. Tapi, Mancini telah dipecat dan digantikan oleh Frank de Boer. Reuni seperti ketika di Manchester City tidak mungkin terjadi.

9. Sampdoria
Balotelli-Sampdoria

Presiden Sampdoria, Massimo Ferrero sempat diduga tertarik untuk mendatangkan Mario Balotelli untuk menggantikan Antonio Cassano. Harapan untuk karier baru sempat terbuka.

Beberapa hari kemudian, media Italia memberi kabar buruk. Sampdoria memutuskan tidak jadi merekrut penyerang yang sudah biasa digaji mahal itu. Gaji Balo diperkirakan 6 juta euro per tahun, sementara Sampdoria hanya mampu menawarkan satu juta.

8. Chievo
Balotelli-Chievo

Sekitar sebulan setelah Sampdoria, giliran Chievo masuk antrean sebagai jalan keluar Balotelli dari Anfield. Klub yang musim lalu finis di urutan kesembilan klasemen Serie A musim lalu itu sempat terlihat sebagai solusi.

Tapi, lagi-lagi masalah gaji membuat pintu keluar tertutup lagi. Chievo langsung menolak menggaji Balotelli begitu tinggi.

7. Pescara
Balotelli-Pescara

Balotelli mungkin tak keberatan bermain untuk tim yang baru mendapat promosi ke Serie A ini. Sayangnya, standar gaji juga menyurutkan minat Pescara bertaruh untuk mencoba memakai Balotelli sebagai penyerang utama.

Presiden Pescara, Daniele Sebastiani pernah menggambarkan Balotelli sebagai sosok pemain top, tapi belakangan (atas alasan gaji besar) menganggap Balo ‘tidak layak’ untuk Pescara.

6. Napoli
Balotelli-Napoli

Tak ada Higuain? Tidak masalah. Kita bisa mendapatkan Mario Balotelli.

Kesan itu muncul ketika Napoli diduga telah menawarkan kontrak untuk Balotelli setelah mereka melepas Gonzalo Higuain ke Juventus seharga 90 juta euro. Mereka butuh solusi cepat untuk menggantikan pencetak 36 gol Serie A musim lalu itu.

Tapi ternyata sosok itu bukan Balotelli. Napoli akhirnya membeli Arkadiusz Milik dari Ajax.

5. Ajax
Balotelli-Ajax

Oke, sementara Milik sudah pergi ke Italia, mungkin Ajax bisa membantu Balotelli. Klub asal Amsterdam itu juga sempat dihubungkan. Mereka dikenal sebagai tim yang bisa mengelola skuat muda.

Pada akhirnya Ajax memilih yang lebih murah, meminjam Bertrand Traore dari Chelsea. Balotelli mungkin terlalu berisiko bagi mereka.

4. Sassuolo
Balotelli-Sassuolo

CEO Sassuolo sempat mengaku ada tawaran dari salah satu agen elite Eropa. “Mino Raiola menawarkan Balotelli tapi kami tolak,” kata Giovanni Carnevali dalam sebuah acara di RaiSport belum lama ini.

Wajar saja. Sassuolo finis di atas AC Milan di tabel klasemen Serie A musim lalu. Milan saja tidak tertarik, buat apa Sassuolo membidik pemain yang dimentahkan banyak klub besar dan kecil itu.

3. Udinese
Balotelli-Udinese

Bagi direktur sport Udinese, Nereo Bonato, Balotelli buak sosok idel untuk mengisi tempat penting dalam skuatnya. Reputasi Balo tampaknya sudah sampai ke telinganya jauh sebelum ada rumor.

“Hal yang terpenting adalah memiliki motivasi yang benar. Udinese adalah skuat semacam itu, yang terdiri dari banyak orang muda,” kata Bonato kepada media Italia ketika ditanya hubungan Udinese dengan Balotelli.

2. Besiktas
Balotelli-Besiktas

Eropa tengah, utara, selatan, dan barat sudah emoh. Bagaimana dengan perbatasan di timur? Besiktas sempat dihubungkan juga dengan Mario Balotelli gara-gara komentar Fikret Orman, presiden klub.

“Kami menginginkan Mario Balotelli dan dia menginginkan kami juga,” kata Orman yang diklaim beberama media Turki ketika itu.

Di belakang hari, Besiktas menampil rumor dan dan adanya komentar semacam itu. Mereka mengatakan bahwwa kutipan tentang presiden klub itu telah diada-adakan. HOAX

1. Semua Klub di Tiongkok
Balotelli-Tiongkok

Beberapa klub super dari Tiongkok telah merekrut bintang-bintang medioker dari liga-liga Eropa untuk harga yang fantastis. Gaji mereka juga luar biasa menggiurkan. Tapi nasib Graziano Pelle masih cukup bagus karena tak akan bertemu dengan Balotelli di Tiongkok.

Rumor tentang Balo ke Tiongkok sudah beredar sejak Januari 2016. Musim panas ini sedianya sudah ada hal konkret yang dilakukan. Ternyata Balotelli masih tertahan di Liverpool sampai sekarang.